LEGENDA SAPI EDAN

ZAFIRA 1,8 CD 2004 AUTOMATIC, by Alam Wu

Beberapa tahun setelah ultimate driving with zafira, kegiatan travelingku dengan mobil semakin menggila, dahulu setiap weekend dengan mudah bolak balik bandung atau jogja dari Jakarta. Dengan city car dan MPV sejuta umat yg low cost of fuel, kali ini dengan zafira yang fuel consumable, lumayan terasa buat kantong pas pasan ini,,  Jakarta semarang PP selama weekend mengkonsumsi kurang lebih 600ribu termasuk jalan jalannya,, dahulu dengan city car yang hanya menghabiskan 450ribu, (BBM bersubsidi *red) tapi worthed lah dengan kenyamanan itu. mau boros ataupun hemat kita takar saja dengan rupiah daripada melas karena konsumsi BBM tidak bisa melebihi 1:11 saat perjalanan jauh. Dengan konsumsi BBM bersubsidi, isi fuel tank sekitar 270ribu, saya sudah membuktikan kalau full tank bisa digunakan dari jakarta sampai palembang tanpa refueling lagi.. itu termasuk mesin AC nyala untuk tidur di Ferry bakaheuni.

Entah kenapa julukan yang diberikan oleh rekan rekan ZIC (zafira indonesia community), sebagai “SAPI EDAN”. Julukan itu kusandang karena dengan mudahnya berpindah kota ke kota hanya dalam hitungan jam. Pada saat liburan lebaran 2011 waktu itu,, kami ketemu dengan salah satu punggawa ZIC ketika di semarang, ketika pada hari berikutnya ngga sengaja ketemu pula di JOGJA, dan ketika hendak diajak kopdar di jogja?? saya sudah kembali ke Semarang. Lalu hari berikutnya Ketika di semarang ditanya dimana?? saya sudah sampai ke Malang, dan begitulah mengapa saya di panggil “SAPI EDAN”. Lebih mengherankan ketika arus balik lebaran, Semarang-Jakarta hanya ditempuh dalam 11 jam saja,, padahal anggota yang lain melaporkan via BBM, milis memakan waktu sampe 18-20 jam, mungkin karena keberuntungan saya waktu itu dalam memilih rute perjalanan anti macet.

Seminggu setelah kegiatan mudik kembali hajar zafira untuk berlibur ke Denpasar selama 4 hari,, hal itu adalah yang mengukuhkan saya dengan julukan “SAPI EDAN” (zafira gila). Kenapa?? Karena banyak yang memakai kendaraan itu secara hati hati dan halus untuk mengurangi resiko kerusakan. Nah saya malah menggunakan secara ultimate dan maksimal.

Bahkan setelah turing nasional 2011, tanpa berpamitan dengan rekan rekan ZIC, tau tau sudah berada di Bromo Surabaya, selang 3 hari zafira sudah berada di Palembang, Sehingga Julukan “LEGENDA sapi EDAN, PHENOMENON MADCOW dan zafira gila” semakin kuat. Tentunya bukan karena kendaraannya tapi karena edannya si penggembala zafira, namun tetap didukung oleh kendaraan yang spektakuler tersebut, GOD bless for the designer.

Lagi lagi saya melakukan pengetesan kendaraan yang lebih ekstreem,, lintas Sumatera menjadi pilihan untuk melakukan ultimate test itu, kenapa lintas sumatera? Kendaraan dikatakan nyaman dan aman apabila mampu melintasi berhari hari di lintas sumatera tanpa rasa lelah, selamat, tanpa masalah dan kondisi kendaraan tetap sehat sampai di tujuan. yang notabene kondisi lintas sumatera sangat lengkap, jalan mulus, berkelok, berlubang sebesar kubangan gajah, panas, jarak jauh, berlumpur dan banjir. dan resume tersebut dapat mengukuhkan apakah zafira tergolong kendaraan nyaman atau tidak, kandas di lubang adalah hal biasa, karena karakter suspensi zafira tergolong keras untuk jalan keriting namun nyaman untuk jalan bergelombang hal ini karena sang desainer mungkin lebih mengedepankan handling stabil, (edisi pada cerita sumatera selanjutnya) click to https://alam0247.wordpress.com/2013/04/07/the-traveller-drive-zafira-for-fun-and-safety/

SUMATERA BARAT

Namun sebelumnya saya laporkan resume perawatan kendaraan ini selama 3,5 tahun sejak tahun 2009. Kebetulan waktu saya membelinya dengan kondisi yang tidak murah seperti di pasaran, karena sang pemilik lama selalu merawat dan menggunakan original part GM. km start sebelum saya menggunakan tertunjuk di 58ribu. Setelahnya perawatan besar hanya di tahun 2011-2012, karena sang pemilik (gembala edan) telah kembali ke Indonesia dan memakai zafira secara rutin. antara lain sebagai berikut:

  1. Engine mounting kanan (pecah), inilah kerusakan yang saya alami pertama kali menggunakan zafira
  2. Karet BOOT as roda ganti setelah mengindikasi ada sobek, kalau rusak as roda harganya mengerikan,
  3. FLUSHING OLI MATIC, karena denging di gigi 1 dan 2, dan itupun masih terdengar juga
  4. Kampas Rem Depan ganti, karena piringan sudah tergerus dalam,
  5. Service AC dan ganti kanvas rem roda belakang, karena saya akan lebih percaya dengan AC apabila sudah diservice, karena komponen AC kalau rusak atau bocor 100persen mengganggu kenyamanan dan kantong, sekaligus dicuci mesinnya
  6. Engine mounting sebelah kiri, ganti
  7. Tidak Bisa spooring? Long Tie Rod kanan kiri, beserta support shockabsorbser minta diganti, sekalian check apakah shock masih berfungsi, mau mudik lebaran (Biaya besar)
  8. Tune Up, (mau perjalanan ke denpasar)
  9. Ganti  Ban 4 roda
  10. TABRAKAN, ganti bemper, list lampu, dan radiator (cover asuransi)
  11. Reservoir Radiator diganti,, ini hal yang sepele dan menjengkelkan, karena membuat air radiator terkuras habis karena bocor halus di pipa kepalanya,, ditambal juga ngga mempan, resiko overheat akan lebih parah kalau isi air radiator kelupaan
  12. Ball joint sebelah kiri, karena udah ngga tahan suara gluduk gluduknya,, dan hal itu bukan solusi seluruhnya,,
  13. Sapi nganggur sebulan::: red,, si pemilik tugas ke sumatera. (thanks crasher) Kemudian aki tekor beli baru, lalu tinggalin di bengkel untuk menyelesaikan urusan bunyi  bunyian di kaki, dan solved walaupun masih ada bunyi gluduk lirih pelan,, ganti tierod pendek sebelah kanan, boot as roda (lagi), ganti packing cover valve karena oli merembes akibat radiator kering, engine mounting belakang dan flusing oli matic lagi, karena di prediksi 3 bulan my zaffy ngga akan liat bengkel karena di bawa ke Riau.

    Bandrek HILLS kelok 9, Sumatera Barat

    rute ini sangat merusak kaki kaki karena lubang lubang yang sangat dahsyat menghantam zafira, dan hasilnya bunyi gluduk gluduk kembali mengganggu, dan 3 bulan berikutnya touring ZICCAMP sekalian ke Jakarta untuk menyehatkan si sapi lagi

  14. Lampu HID
  15. Pasang vallen damper biar shock awet
  16. Salon mobil
  17. Ganti Shock sebelah kiri, karena shock pecah, link stabilizer kanan (rusak lagi), karet dudukan stabilizer, kabel tambahan alternator karena pengisian aki lemah
  18. Ganti disc dan kanvas rem depan, termasuk ganti oli dan servis lainnya karena mau dibawa kembali ke Sumatera Riau, dan kondisi ini harus benar benar FIT. check extra fan utama ternyata ada permasalahan di relay ini sepele tapi menjengkelkan, kemudian di repair, suhu temperatur dalam kondisi macet hanya 80 derajat celcius jauh lebih baik dari kondisi normal, jadi udah ngga riskan overheating
  19. Tune up gratis untuk peserta turing dan ganti air filter
  20. FANBELT putus, karena tensioner macet pecah dan ini di Bandar lampung, (GANTI ORI)
  21. transmisi error,, sempet ganti oli matic ngga solusi.. ternyata gara gara bohlam lampu rem belakang
  22. balik ke jakarta:: link stabil oblak (ganti), bareng sama timming belt, sokbreker dan lain lainya
  23. ganti fan UTAMA akibat benda aneh masuk ke dalam FAN BESAR,, hadeh harganya ngga ketulungan,, untung dapet yang copotan.
  24. sensor ABS rusak (ganti copotan), dan sokbreker,,, ternyata sokbreker rusak yang menyumbang suara gluduk gluduk,, setelah diganti kembali senyap sampai kurun 8 bulan saat ini belum merusak part part lain
  25. kanvas rem belakang ganti dan setelah diganti malah bermasalah sampai palembang ke bengkel resmi baru bener deh
  26. ganti ban 2 biji karena satu pecah satu peyang
  27. balik lagi ke jakarta, AC bermasalah,, hadeeh.. disinyalir kompresor lemah dan sudah tidak bisa membuka tutup presure valve
  28. kuras OLI MATIC kali ini bener bener flushing
  29. pasang MID,, yippiieeee,,,
  30. balik NAMA huuffftt,, abis 4jt
  31. AKI SOAK,, fiuuh,, termurah harganya sejuta
  32. dan aki soak menyerang FUEL PUMP mogok mendadak 600rebu untu fuel pump
  33. long tie rod kanan kiri ganti dan boot as roda ada sobek , as roda yang mahal itu hampir aja rusak syukurlah selamat, indikasi as roda rusak klo pas nanjak mobil agak geleng geleng,, di rem mendadak bergetar,, dan getar getar di speed tertentu::
  34. pasang cruise control,, ihiir,, menyenangkan,,
  35. rapih rapih kabel
  36. enjin mounting kanan udah geblek,, (umurnya cuman 2 tahun) saran kalo ganti enjin mounting harus sekalian semuanya

selain itu sapi cuman ganti oli isi bensin doang,, ga ada yang lainnya

Total untuk perawatan sapi edan selama 3 Tahun sepanjang 100ribu km setelah saya menyiksanya, telah mencapai angka 39 juta termasuk ganti ban 4 roda, aplikasi asuransi dan pajak kendaraan, karena tahun sebelumnya jarang dipakai alias nganggur karena pemiliknya keluyuran ke luar luar sana. Jadi kalo perawatannya doang kurang lebih menghabiskan 14 juta setahun. Dan hal itu juga dikarenakan selalu ingin mobil tetap sehat walaupun sering dibawa perjalanan jauh… Lalu saat ini SAPI EDAN sudah berada kembali ke jakarta setelah setahun tersiksa di Tembilahan RIAU.

Lintas timur via PALEMBANG

Saya menggunakan zafira untuk kondisi yang cukup berlebihan, tanjakan jalan rusak dibukit hambalang BOGOR hampir setiap harinya. Traveling pekanbaru padang, jalanan rusak di Teluk Kuantan, jalan buruk di tembilahan yang terkadang  bersamaan dengan banjir air pasang sungai yang menggenangi seluruh kota, Jadi walaupun Edan dan menggila, kondisinya tetap terjaga selalu FIT dan prima di setiap perjalanan. Dan semoga engga ngelunjak ke kondisi yang lebih parah. karena setelah di Riau, sapi edan hanya berjalan 5km per harinya. Ternyata seekor zafira memang peruntukannya untuk jarak jauh, lebih nyaman daripada harus bermacet macet ria di jakarta. kondisi macet tentunya akan mempengaruhi kinerja pendingin mesin. dan resiko overheating lebih menyusahkan. dengan kapasitas tangki bensin yang melebihi 60 liter. sehingga cocok untuk jarak jauh yang jarang ketemu SPBU.

Pertanyaan saya, perawatan 100ribu km 3 tahun mencapai 40juta, apakah masih dikategorikan LOW cost?


MID CHEVROLET ZAFIRA